Haruskah Membalas Dendam Terhadap Orang yang Bersikap Rasis?

Tinggal di negara Indonesia yang memiliki keragaman budaya, adat istiadat, suku dan keyakinan tentunya berpotensi terjadi adanya perselisihan akibat adanya sikap rasisme yang tentunya tidak dapat dielakkan.

Jika pernah mengalaminya, terlebih orang lain tersebut sok-sok an mengatur hidup bahkan menjustifikasi diri Anda seenaknya tentu saja merupakan pengalaman yang tidak enak.

Nah, alih-alih merasa sakit hati terhadap perlakuan tersebut dan membalas dengan emosi yang berapi-api kenapa tidak melakukan cara elegan dan lebih normatif dalam menghadapi tipe orang seperti itu.

Tentu saja dibutuhkan kejernihan hati, pikiran dan kedewasaan dalam menghadapi tipe manusia rasis seperti itu. Namun jangan khawatir, beberapa tips berikut mungkin bisa membantu banyak dalam upaya menghadapi orang rasis.

tolak diskriminasi

Buktikanlah dengan Kelebihan yang Anda Miliki

Membuat orang-orang yang sering menghina terlebih dalam hal SARA tentu saja dengan menunjukkan bahwa Anda tidak terpengaruh sama sekali dengan segenap perkataan maupun gunjingan dari mereka.

Dengan selalu menjauhkan hati dari paparan omongan negatif nan rasis dari mereka dan berusaha terus berjalan dengan memanfaatkan kelebihan Anda yang tidak dimiliki orang tersebut tentu saja akan semakin membuat orang yang membenci semakin menderita.

Paling tidak buktikan bahwa hidup Anda tetap normal meskipun mereka mengatakan hal rasisme yang gak penting. Buktikan!

Tetaplah Rendah Hati dan Terbuka

Seperti yang telah disebutkan diatas, bahwa salah satu faktor penting dalam menghadapi para rasis tersebut adalah pada pengendalian ego Anda sendiri supaya tidak terjadi pertikaian yang tak diinginkan.

Bukankah lebih baik diawali dengan sikap rendah hati, terbuka, dan ajak berkomunikasi dengan baik terhadap mereka karena bisa jadi kaum rasisme tersebut belum memahami secara utuh mengenai Anda sehingga ada kesalahpahaman yang tidak dikonfirmasi dahulu.

Namun demikian sikap kerendahan hati bukanlah berarti merendahkan diri, jika mereka tidak mau diajak berkomunikasi dengan baik selanjutnya tidak usah ditanggapi.

Biarkanlah Mengalir tanpa Beban

Salah satu hal yang penting dalam menjalani hari Anda tanpa takut tersakiti oleh orang-orang yang rasis adalah dengan menjaga hati dengan baik dan juga memastikan Anda tidak pernah terganggu olehnya.

Sebab sampah-sampah dari ucapan orang rasisme tersebut tidak layak untuk dimasukkan ke dalam hati.

Bukankah ada pepatah “Anjing menggonggong Kafilah tetap berlalu”, silahkan dipakai peribahasa sederhana namun ampuh menangkal rasisme tersebut.

“Gak ada Kerjaan Lain kah?”

Jika sang rasisme terus menerus meluncurkan kata-kata sampahnya kepada Anda dan mungkin suatu saat titik kesabaranpun sudah mulai menipis cobalah langsung tanyakan, “Gak capek kah?” Atau bisa juga tanyakan “Apa tidak ada kerjaan penting lain selain hanya merendahkan dan mengina?”

Memang orang-orang bermental rasis seperti itu perlu untuk disadarkan atas sifatnya yang sangat merugikan dan membuat terluka orang lain.

Cukuplah bagi Anda untuk menyadarkan dia dengan kata seperti itu, tidak perlu membalasnya yang bahkan berujung membuat Anda bakal menjadi seperti mereka. Rugi kan ya?

mensikapi tindakan rasisme

Btw, mengenai balas dendam, apakah Anda perlu membalaskan dendam kesumat kepada orang tersebut?

Karena balas dendam sejatinya bukanlah cara penyelesaian terbaik dari sebuah konflik. Karena bukannya menyelesikan namun akan menambah babak baru pertikaian yang bahkan takkan pernah berujung.

Maka itu, lakukanlah saja hal-hal diatas untuk membungkam setiap perkataan, ucapan dan perlakuan kaum rasisme.

Leave a Reply