Umum Archive

Meja Belajar untuk Meningkatkan Produktivitas dan Prestasi

Sudah rahasia umum jika seseorang ingin lebih pandai dalam segala hal maka orang tersebut haruslah menyediakan waktu untuk belajar dan mengupgrade ilmu sehingga meningkatkan skill serta pengetahuannya.

Dan salah satu elemen penting yang perlu diketahui dan seringkali luput dari perhatian kebanyakan orang saat ini adalah keberadaan meja belajar.

Ternyata banyak sekali loh manfaat dari meja belajar ini, sebab seringkali orang yang terlihat malas atau kesulitan dalam belajar bisa saja terpicu dari suasana dalam proses belajarnya seperti posisi tubuh, sarana pendukung dan suasana hati maupun tempatnya.

Sebenarnya tidak ada istilah orang yang malas belajar, karena ketika orang sudah merasa nyaman dalam melakukan pembelajaran tentu saja akan betah dalam belajar dan tidak terasa sudah bertambah kecakapan ilmu bahkan produktivitas kerjanya.

meja belajar dan kerja

Memilih Meja Belajar Terbaik

Seperti telah disebutkan diatas bahwa dengan miliki meja belajar yang nyaman akan menjadi sebuah sarana penting dalam proses pembelajaran yang efektif.

Maka dari itu perlu ditelaah lebih lanjut jenis meja yang baik untuk bisa mendongkrak produktivitas dalam belajar dan bekerja seperti itu agar menambah motivasi bagi si pembelajar.

Sebagai salah satu pertimbangan dalam memilih meja belajar adalah mengeni kesesuaian dengan postur tubuh, kemudian bahan material, kekuatan meja dan bahkan bentuknya bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing orang yang berbeda.

Meningkatkan Produktivitas 

Sebagaimana fungsi meja belajar untuk meningkatkan produktivitas tadi tentu saja akan sangat membantu juga bagi orang dewasa karena memang peruntukannya untuk proses belajar yang efektif.

Bukankah namanya meja belajar untuk belajar, meja makan untuk makan dst. Jadi akan tidak etis dan tidak fungsional bukan jika meja makan dipakai untuk belajar atau sebaliknya.

Selain itu supaya proses bekerja maupun belajar bisa lebih fokus tentunya harus dilakukan di tempat yang tepat, yakni meja belajar.

Dengan demikian konsentrasi dapat maksimal, produktivitas juga menjadi optimal sehingga dengan fokus yang terjaga baik, perhatian anda akan lebih tajam tertuju kepada proses pembelajaran, bukan ke cemilan atau acara TV nya, hehe..

Menjaga Meja Belajar Tetap Rapi

Nah,salah satu hal yang gak kalah penting dalam menjaga produktivitas yang baik adalah dengan menjaga kebersihan dan kerapian meja belajar anda.

Oleh sebab dengan suasana meja yang rapi sekaligus bersih tentunya dapat menjaga mood baik dalam hati aga selalu nyaman di dalam belajar.

Sudah jadi kepastian bahwa setiap orang akan malas belajar jika mejanya berantakan gak karuan, karena itu upayakan untuk selalu menjaga kebersihan meja belajar dari kotoran maupun debu sekaligus menata semua yang ada di meja sehingga menjadi rapi.

Agar Belajar Tetap Semangat 

Bagaimana sih biar bisa tetap bersemangat didalam belajar? Tentunya kembali kepada pribadi anda masing-masing lebih nyaman berada di tempat seperti apa untuk bisa memaksimalkan proses belajar tersebut.

Bisa jadi dimulai dari motif desain meja belajar yang digunakan apakah mau minimalis atau memiliki kaya motif, tentunya berpulang kepada hobi dan kegemaran masing-masing.

Sebab memiliki meja belajar yang sesuai kepriadian, maka pekerjaan akan lebih cepat terselesaikan dengan baik.

Sebagai tambahan, jika fokus anda adalah nomor satu dan tidak menghendaki adanya gangguan maupun pengalih perhatian, maka ada baiknya memakai ruangan khusus supaya konsentrasi dapat terjaga optimal.

Wow, ternyata banyak juga kan peran penting dari meja belajar sebagai salah saru sarana utama anda dalam proses belajar, kerja dengan tingkat produktivitas yang tinggi. Sayangnya, hal seperti ini sering loh diabaikan oleh banyak orang.

Masih banyak yang beranggapan belajar bisa diamana saja. Memang tidak keliru sih, namun jika menggunakan meja belajar anda bakal memiliki fokus dan produktivitas yang tinggi jika dibandingkan dengan tidak menggunakan meja belajar. Maka anda bakal pilih yan mana?

Mengapa Wajib Ada Makeup Organizer di Meja Rias Anda?

Jika tiap hari harus rempong bahkan kesulitan dalam mencari salah satu produk kosmetik yang diperlukan atau bahkan masih memakai puch kecil untuk menyimpan peralatan makeup, maka perlu berpikir untuk memasang makeup organizer di meja rias.

Sebab penggunaan makeup organizer ini akan sangat membantu Anda yang memiliki hobi mengkoleksi produk kecantikan dan agar bisa menambah kenyamanan ketika sedang berdandan.

Pasalnya ketika sedang asyik berdandan, namun tiba-tiba kesulitan mencar salah satu produk kosmetik tentu saja akan membuat suasana hati gak nyaman bahkan bisa bakal merusak mood sepanjang hari.

Masih belum yakin juga? Kalau begitu bisa disimak beberapa alasan berikut ini mengapa wanita yang ingin cantik maksimal perlu menyediakan makeup organizer di meja riasnya sepanjang hari.

makeup organizer

  1. Meja Rias Tampak Rapi

Memiliki makeup organizer yang tersusun baik tentu saja akan membawa salah satu manfaat bagi meja rias, salah satunya adalah jadi lebih tertata rapi.

Selain fungsi nya untuk menyimpan sekaligus menata produk kosmetik, makeup organizer yang indah juga akan menambah cantik aura meja rias. Tentu saja pilihlah dengan desain yang elegan dan menarik agar supaya lebih mudah dalam menata koleksi produk kecantikan anda.

  1. Lebih Hemat Ruang dan Waktu

Ternyata manfaat lain yang gak kalah penting dari makeup organizer ini adalah membantu hemat waktu anda dalam berdandan. Koq bisa?

Begini, dengan penataan yang rapi dan tentunya anda akan lebih mudah dan tahu dimana meletakkan produk kosmetik yang diinginkan sehingga tidak perlu berlama-lama dalam mencarinya.

Selain itu, dengan deretan koleksi kosmetik yang ditata secara rapi tentunya akan membuat ruang di eja rias akan bertambah lega, gak berantakan sehingga bisa ada tempat untuk meletakkan produk kosmetik tambahan anda lainnya, hehe..

  1. Mencegah Pemborosan Beli Barang yang Sama

Pernah gak mengalami harus membeli produk kosmetik yang sama hanya gara-gara kehilangan akibat proses penyimpanan yang sembrono. Di satu sisi produk tersebut sehari-hari harus digunakan sehingga terpaksa beli baru, padahal sebenarnya yang “hilang” tersebut belum habis.

Terlebih jika di suatu waktu tertentu ternyata yag sempat hilang tersebut ada ditemukan didalam salah satu tas anda? Kzl gak sih?

Maka dari itu, sebaiknya mulai sekarang gunakan organizer untuk makeup supaya gak terjadi lagi peristiwa pahit tersebut.

  1. Manajemen Stok yang Lebih Baik

Alasan lainnya untuk mensegerakan diri memiliki organizer bagi produk kecantikan anda adalah bisa melakukan manajemen stok yang bagus.

Dalam artian, dengan memiliki koleksi makeup yang tertata dengan rapi tentu saja akan lebih mudah dalam mencek produk apa saja yang sudah mulai habis, atau bahkan hendak memasuki masa kadaluwarsanya.

Bisa dibayangkan, jika tanpa adanya penataan yang baik semua koleksi produk tersebut tersebar di atas meja rias anda dan tanpa pernah tahu produk mana yang akan kadaluwarsa atau bahkan yang mana akan habis sebentar lagi, tentu bakal sulit bukan untuk melakukannya.

  1. Koleksi Makeup Lebih Tertata

Sesuai dengan fungsionalitas dari makeup organizer sebagai wadah agar beberapa kosmetik anda bisa tersimpan rapi tentunya menjadi manfaat terbesar dari barag satu ini.

Terutama ketika anda memiliki produk sejenis namun bisa saja berbeda warna sehingga sangat penting untuk ditata secara rapi.

Sebagai contoh, lipstik atau eyeshadow yang bisa jadi anda memiliki ragam warna yang tentunya akan lebih baik jika disusun sesuai gradasi warnanya agar lebih mudah dalam menyortir pilihan warna ketika anda hendak memakainya.

Tidak lupa juga di bagian lain dari organizer tersebut bisa digunakan untuk menyimpan pressed powder misalnya agar lebih tertata secara ciamik.

Nah itulah tadi kelima manfaat mengapa anda perlu memiliki make-up organizer di atas meja rias. Jika sudah membacanya sekarang, tentu saja langkah terbaik selanjutnya sekarang adalah mencari wadah organizer tersebut sekaligus mengaplikasikannya terhadap produk kosmetik anda, dan rasakan manfaatnya!

NB: Berencana membuat sendiri? Yuk lihat contoh videonya di bawah ini

Wanita Risih plus Ilfil Sama Candaan Pria tentang Seks dan Rasis

Setiap orang tentunya memiliki kriteria karakter idaman sebagai pasangan, termasuk bagi seorang wanita tentunya masing-masing memiliki selera yang berbeda.

Tentu saja ada juga beberapa hal karakter yang tidak disukai oleh wanita dari pasangannya, dan dari beberapa sumber yang diperoleh setidaknya ada tiga sifat dari pria yang tidak disukai oleh wanita, bahkan bisa bikin ilfil seketika.

  1. Gak mau mengalah

Seorang pia yang bersifat karakter mau menang sendiri ini cenderung selalu menampilkan bahwa dia lebih unggul dari orang lain, bahkan termasuk pasangan wanitanya.

Mereka tak sadar bahwa dengan melakukan hal demikian akan membuat orang lain merasa tak nyaman dibuatnya, apalagi terhadap pasangan.

Salah satu hal yang paling mudah diketahui dari sifat lelaki seperti ini bisa dicoba dengan menceritakan kepadanya pengalaman mengunjungi tempat menarik dan berkesan.

Nah, biasanya orang dengan karakter egois seperti ini akan membalsnya dengan bercerita hal lain mengenai dirinya dalam topik yang sama. Sebagai contoh tatkala kita berbicara mengneia perjalanan ke Bandung, dia akan membalasnya dengan cerita perjalanan ke Raja Ampat.

Jadi seorang pria tipe ini bukanlah seorang pendengar yang baik serta tidak akan memperhatikan pembicaraan lawan bicaranya, termasuk istrinya.

seorang wanita ilfil sedih

Yang selalu ditunggu adalah sebuah jeda kalimat untuk membalas pembicaraan agar mereka terlihat “lebih unggul”, sehingga merasa dirinya selalu di posisi lebih tinggi.

Mungkin sifat tak mau mengalah tersebut akan sangat mengasyikkan ketika diterapkan ke hubungan intim di ranjang, dimana seorang pria yang lebih memilih memuaskan wanita nya adalah seorang yang didambakan hampir setiap istri.

Lagipula, sekarang cukup banyak produk pasutri untuk menambah durasi hubungan tahan lama sehingga sangat membantu seorang pria untuk tidak “mengalah” dulu dalam kepuasan bercinta.

Salah satunya adalah produk Foredi Gel, yang sangat legendaris membantu pria tahan lama di ranjang. Dengan harga Foredi yang terjangkau jika dibandingkan manfaat optimal yang diperoleh, tentunya sangat layak dibeli.

Idealnya sih seperti itu ya, pria jangan sampai mau kalah di ranjang!

  1. Hanya mau kesenangannya saja

Tidak bisa dipungkiri kalau setiap orang memiliki hobi, minat dan ketertarikan masing-masing pada hal tertentu, termasuk dengan pasangan hidup pun bakal memiliki kesenangan yang berbeda.

Namun hal tersebut bukan berarti seorang pria tidak mau menerima akan adanya perbedaan minat tersebut, terlebih kepada istri sendiri.

Ya, kenyataannya banyak juga para pria yang hanya egois dalam melakukan hobinya sebagai contoh kecil dalam menonton siaran TV tentunya antara suami dan istri memiliki preferensi yang berbeda satu sama lain tentang acara TV favorit yang hendak ditonton.

Seorang pria yang hanya mementingkan kesenangannya biasanya tidak akan memberikan kesempatan kepada pasangannya untuk menonton acara TV sesuai dengan minatnya.

Selain itu contoh lain jika berbicara tentang musik, bisa jadi keduanya memiliki kegemaran aliran musik yang berbeda sehingga dengna hanya membahas hal musik tentang kesukaan suami tentunya lama kelamaan akan membuat sang wanita jengah, bosan dan merasa tidak dipedulikan.

  1. Terlalu memuja diri dan ras

Berbicara hal berbau seks meskipun itu merupakan candaan tentu saja tidak semua wanita bisa menerimanya sebagai sebuah bahan lelucon apalagi jika dikaitkan dengan diri sendiri.

Oleh sebab itu para pria yang terlalu banyak bercanda mengenai hal-hal berbau seks akan lebih merasa dirinya sedang bercanda, padahal kenyataanya bisa membuat pasanaga wanitanya jadi ilfil.

Selain itu, tipikal lain dari pria yang juga sering ngomong sembarangan adalah kecenderungan bercakap mengenai rasisme, seperti mengangungkan dirinya sebagai keturunan ras tertentu yang lebih superior dibandingkan ras dari wanitanya berasal.

Dengan kondisi superior tersebut tentunya bakal menjadi masalah jika diteruskan ke dalam sendi kehidupan berumah tangga dimana biasanya pria yang memiliki karakter tersebut akan cenderung melimpahkan seluruh pekerjaan rumah tangga kepada wanita.

Tidak hanya itu, mereka akan selau menuntut untuk dilayani, mulai dari bangun pagi hingga tidur malam setiap harinya, sehingga dalam benaknya seorang wanita memiliki posisi yang lemah.

Hal tersebut tentunya bertentangan dengan peran seorang pria dan wanita yang seharusnya menjadi pasangan mitra yang setara di dalam mengarungi biduk rumah tangga.

Haruskah Membalas Dendam Terhadap Orang yang Bersikap Rasis?

Tinggal di negara Indonesia yang memiliki keragaman budaya, adat istiadat, suku dan keyakinan tentunya berpotensi terjadi adanya perselisihan akibat adanya sikap rasisme yang tentunya tidak dapat dielakkan.

Jika pernah mengalaminya, terlebih orang lain tersebut sok-sok an mengatur hidup bahkan menjustifikasi diri Anda seenaknya tentu saja merupakan pengalaman yang tidak enak.

Nah, alih-alih merasa sakit hati terhadap perlakuan tersebut dan membalas dengan emosi yang berapi-api kenapa tidak melakukan cara elegan dan lebih normatif dalam menghadapi tipe orang seperti itu.

Tentu saja dibutuhkan kejernihan hati, pikiran dan kedewasaan dalam menghadapi tipe manusia rasis seperti itu. Namun jangan khawatir, beberapa tips berikut mungkin bisa membantu banyak dalam upaya menghadapi orang rasis.

tolak diskriminasi

Buktikanlah dengan Kelebihan yang Anda Miliki

Membuat orang-orang yang sering menghina terlebih dalam hal SARA tentu saja dengan menunjukkan bahwa Anda tidak terpengaruh sama sekali dengan segenap perkataan maupun gunjingan dari mereka.

Dengan selalu menjauhkan hati dari paparan omongan negatif nan rasis dari mereka dan berusaha terus berjalan dengan memanfaatkan kelebihan Anda yang tidak dimiliki orang tersebut tentu saja akan semakin membuat orang yang membenci semakin menderita.

Paling tidak buktikan bahwa hidup Anda tetap normal meskipun mereka mengatakan hal rasisme yang gak penting. Buktikan!

Tetaplah Rendah Hati dan Terbuka

Seperti yang telah disebutkan diatas, bahwa salah satu faktor penting dalam menghadapi para rasis tersebut adalah pada pengendalian ego Anda sendiri supaya tidak terjadi pertikaian yang tak diinginkan.

Bukankah lebih baik diawali dengan sikap rendah hati, terbuka, dan ajak berkomunikasi dengan baik terhadap mereka karena bisa jadi kaum rasisme tersebut belum memahami secara utuh mengenai Anda sehingga ada kesalahpahaman yang tidak dikonfirmasi dahulu.

Namun demikian sikap kerendahan hati bukanlah berarti merendahkan diri, jika mereka tidak mau diajak berkomunikasi dengan baik selanjutnya tidak usah ditanggapi.

Biarkanlah Mengalir tanpa Beban

Salah satu hal yang penting dalam menjalani hari Anda tanpa takut tersakiti oleh orang-orang yang rasis adalah dengan menjaga hati dengan baik dan juga memastikan Anda tidak pernah terganggu olehnya.

Sebab sampah-sampah dari ucapan orang rasisme tersebut tidak layak untuk dimasukkan ke dalam hati.

Bukankah ada pepatah “Anjing menggonggong Kafilah tetap berlalu”, silahkan dipakai peribahasa sederhana namun ampuh menangkal rasisme tersebut.

“Gak ada Kerjaan Lain kah?”

Jika sang rasisme terus menerus meluncurkan kata-kata sampahnya kepada Anda dan mungkin suatu saat titik kesabaranpun sudah mulai menipis cobalah langsung tanyakan, “Gak capek kah?” Atau bisa juga tanyakan “Apa tidak ada kerjaan penting lain selain hanya merendahkan dan mengina?”

Memang orang-orang bermental rasis seperti itu perlu untuk disadarkan atas sifatnya yang sangat merugikan dan membuat terluka orang lain.

Cukuplah bagi Anda untuk menyadarkan dia dengan kata seperti itu, tidak perlu membalasnya yang bahkan berujung membuat Anda bakal menjadi seperti mereka. Rugi kan ya?

mensikapi tindakan rasisme

Btw, mengenai balas dendam, apakah Anda perlu membalaskan dendam kesumat kepada orang tersebut?

Karena balas dendam sejatinya bukanlah cara penyelesaian terbaik dari sebuah konflik. Karena bukannya menyelesikan namun akan menambah babak baru pertikaian yang bahkan takkan pernah berujung.

Maka itu, lakukanlah saja hal-hal diatas untuk membungkam setiap perkataan, ucapan dan perlakuan kaum rasisme.

Rasisme dan Bagaimana Cara Menanggulanginya?

Seperti kita ketahui bersama, negara Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah populasi jiwa terbanyak di dunia. Selain itu didukung dengan keragaman kelompok suku, adat dan agama yang terdapat di dalamnya menjadikan Indonesia memiliki kekayaan budaya di dalamnya.

Dengan bermacam jenis etnis, suku dan adat di negara ini yang tersebar di setiap kepulauan menyebabkan banyak juga perilaku budaya yang bisa menjadi ciri khas masing-masing.

Nah, dilihat dari kemajemukan seperti ini dengan tataran cara masing-masing dalam kehidupan sehari-hari menyebabkan ada sebuah persoalan mendasar yang bisa saja terjadi dengan nama Rasisme.

Apa itu Rasisme?

Jika dikutip dari Wikipedia, menyatakan bahwa “Rasisme adalah suatu sistem kepercayaan atau doktrin yang menyatakan bahwa perbedaan biologis yang melekat pada ras manusia menentukan pencapaian budaya atau individu – bahwa suatu ras tertentu lebih superior dan memiliki hak untuk mengatur ras yang lainnya”

Adapun dari beberapa sumber yang didapatkan rasisme juga bisa mengacu pada definisi paada sebuah kelompok etnis tertentu, adanya rasa takut kepada orang yang asing, menolak secara sadar hubungan dengan ras lain, ataupun kelompok tertentu yang digeneralisasi (stereotipe).

Perihal rasisme pun biasanya memiliki pola dan bentuk yang bermacam, semisal berupa komentar maupun lelucon menyakitkan, ejekan yang keluar secara verbal, perlakuan intimidasi atau pelecehan, hingga melakukan aktifitas status di media sosial yang menambah rasa tidak suka terhadap sebuah golongan.

Dengan adanya rasisme tersebut membuatadanya ketidakseimbangan terhadap sebuah ras yang berbeda. Sehingga nantinya membuat adanya anggapan ras tertentu yang lebih tinggi kedudukannya dibandingkan ras lain sehingga secara masif digunakan sebagai sebuah pembenaran.

dampak rasisme

Ini dia Beberapa Contoh Rasisme

“Cina Pelit”

Perkataan seperti ini kerap digunakan oleh pribumi Indonesia yang kebanyakan menyematkan kata pelit melekat di orang dengan ras Cina, terlebih jika didapatkan ada seorang anak Cina yang tak berbagi dengan alasan tertentu.

Bahkan jika ada kaum pribumi yang berperilaku pelit pun akan segera dicap pelit seperti orang Cina.

“Lelet = orang Jawa”

Tak hanya kaum Cina, orang suku Jawa pun tak jarang mengalami cap sebagai kaum lelet, lambat dll. Hal tersebut didasarkan pada tipikal orang Jawa yang biasanya manut, nurut dan lelet sehingga bagi kebanyakan orang seringkali akan mecap seseorang sebagai orang Jawa karena sikap leletnya, padahal belum tentu orang yang dikatai berasal dari suku Jawa.

Black Face

Yang satu ini kerap terjadi juga yang mana menunjukkan sikap rasis kepada orang kulit hitam melalui cara melakukan pementasan dengan teknik makeup yang berwarna gelap dan melakoni orang kulit hitam.

Sering juga kita jumpai pada sebuah show pentas lawakan, di Indonesia juga, yang mana sang pelawak yang berkulit putih di make up sedemikian rupa menjadi gelap untuk membawa peran seseorang kulit hitam.

Bukankah akan lebih bijak jika mencari pemeran yang memang sudah hitam dari aslinya? Kenyataannya, seperti itulah yang terjadi.

Bullying

Di negara kita tercinta sendiripun kasus pembullyan masih banyak didorong oleh faktor perbedaan suku, agama, ras maupun adat budaya. Biasanya kaum minoritas yang menjadi korban.

Sebagai contoh, si A dan si B enggan melakukan pertemanan dengan si C oleh sebab memiliki agama yang berbeda. Tidak sampai disitu, si C sering dibully oleh si A dan si B karena perbedaan tersebut. Hal seperti ini gak jarang terjadi di sekolah loh!

Mengatasi Rasisme Hingga Tuntas

Lantas, apakah ada cara untuk mengatasi perlakuan tersebut sampai ke akar-akarnya? Tentu saja berpulang kepada masing-masing individu.

Nah, berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan jika anda tidak ingin terlibat dalam perlakuan rasis atau setidaknya bisa mawas diri agar tidak menjadi korban juga.

stop rasisme

#1. Bercerminlah. Refleksikan diri tentang rasisme, apa saja penyebab terjadinya tindakan tersebut, bagaimana kondisi mengenai kelompok korban maupun kelompok pembully sendiri.

#2. Perdalam topik mengenai “Ras”. Seriuslah mendalami tentang sejarah rasisme, pengertian dan lain sebagaiya melalui buku yang memang kredibel membahas tentang tindakan satu ini.

#3. Terbukalah. Era perkembangan jaman sekarang semakin tak terbendung, jangan terpaku hanya pada pemikiran tradisional yang sempit.

#4. Buang prasangka negatif terhadap kelompok ras lain. Pasti ada alasan tertentu sesuai adat yang mereka yakini selama ini untuk melakukan sesuatu hal.

#5. Stop menghina kelompok ras tertentu, walau itu merupakan bahan candaan. Akan lebih bijak jika diam saja.

#6. Hargai keragaman budaya dari berbagai etnis. Indonesia merupakan negara berkebudayaan majemuk, sadarilah itu!

#7. Jangan hanya tinggal diam ketika melihat ada yang bersikap rasisme terhadap kelompok tertentu, tegurlah dengan sopan agar mereka yang melakukan hal tersebut menyadarinya.

#8. Dokumentasikan sebagai bukti jika ada yang melakukan rasisme dan publikasikan secara luas agar menimbulkan efek jera terhadap mereka yang berperilaku rasis seperti itu.

#9. Temui diskusi-diskusi yang sehat mengeai keragaman ras dan budaya sehingg anda akan banyak pengalaman mengenai kemajemukan budaya Indonesia yang begitu berharga.

Nah, itulah tadi beberapa hal penting yang perlu diketahui mengenai tindakan rasis. Semua bermula dari diri sendiri apakah mau menjadi seseorang yang membully atau menghargai keanekaragaman mengenau suku, agama, ras dan adat istiadat.

RACISM, IT STOPS WITH ME